5 Minuman Racikan Yang Memabukan

Pasti-lima.com - Tahukah kamu, jika ada minuman racikan yang memabukan ? tentu ada, bukan hanya minuman tradisional hasil racikan nenek moyang kita yang memabukan, namun ternyata nenek tetangga saya pun bisa,, sampai-sampai pada tepar masuk rumah sakit dan berujung wasalam. Biasanya minuman racikan yang memabukan memang berisi atau ditambahkan bahan bahan mengandung alkohol. Ada juga bahan bahan tersebut setelah dfementasikan akan mengeluarkan alkohol sendiri.

Berikut minuman racikan yang memabukan versi pasti-lima.com :


TUAK
Tuak adalah sejenis minuman beralkohol Nusantara yang merupakan hasil fermentasi dari nira, beras, atau /bahan minuman buah yang mengandung gula. Tuak adalah produk minuman yang mengandung alkohol. Tuak biasanya berwarna putih kekuningan, atau seperti susu, rasanya yang agak masam dan pahit. Tuak mampu memberi efek memabukan jika diminum secara berlebihan.
Tuak dibagi menjadi 2, yaitu 
Tuak Beras - adalah sejenis minuman masyarakat Iban di Kalimantan. Biasanya tuak beras diolah dari sejenis beras yang disebut "beras pulut" (beras ketan). Beras tersebut akan direndam air di dalam tempayan yang disebut "Tajau". Proses tersebut akan mengambil waktu setidaknya dua minggu sebelum dapat diminum dan beras tersebut juga akan menjadi makanan yang disebut "tapai".
Tuak Nira - Tuak nira biasanya dihasilkan dari menyadap nira dari mayang (tongkol bunga) pohon enau atau nipah. Mayang enau atau nipah akan dibiarkan akan menjadi buah, dipotong dan air manis yang menitik dari tandan yang dipotong itu akan dikumpulkan dalam wadah, biasanya buluh bambu. Air nira yang terkumpul dan belum mengalami fermentasi tidak mempunyai kandungan alkohol dan biasa dijual sebagai minuman jajanan legen.




LAPEN
Lapen dikenal sebagai minuman beralkohol dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang keberadaannya illegal karena memang berbahaya bagi kesehatan. Minuman keras ini berbeda dengan minuman keras yang lain, karena hanya terbuat dari alkohol dan air putih saja yang kandungan alkoholnya sampai 85%, sedangkan minumnan lain biasanya taerbuat dari fermentasi buah dan sebagainya.
Biasanya, minuman ini dikemas dalam botol bekas air mineral agar tak nampak seperti minuman beralkohol.Sudah banyak sekali korban berjatuhan karena minuman satu ini.



SOPI
Tahukah kamu pulau Flores ? selain keindahan nya ternyata pulau nan eksotis ini memiliki minuman khas yang disebut sopi.Sopi ini merupakan minuman keras asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi pohon aren dan memiliki kadar alkohol di atas 50 persen

Meskipun minuman keras yang satu ini dilarang keras, Sopi tetap menjadi minuman yang sangat popular dan mendarah daging bagi masyarakat Flores. Minuman ini menjadi daya tarik dan penting untuk sebuah pesta di Flores. Biasanya penyelenggara pesta akan menyiapkan berliter-liter sopi untuk dihidangkan pada tamunya.



BRANGKAL
Namanya memang kurang familiar di Indonesia, namun minuman keras ini sangat diminitai para pecinta minuman keras, khususnya anak-anak jalanan. Minuman ini sperti bensin berwarna coklat kekuningan dan sangat berbahaya karena tinggi alkohol. 



ARAK BALI
Minuman khas pulau dewata ini terbuat dari fermentasi sari kelapa dan buah-buahan,Kadar alkohol yang terkandung di dalamnya terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 30-50 persen. Minuman ini juga jadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli pelancong saat berkunjung ke Bali. minuman beralkohol asal Bali ini menjadi minuman legenda tanah air yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat. Dalam upacara menghormati para dewata, arak akan dituang ke daun pisang yang sudah dibentuk seperti tangkup. Kemudian akan dipercikan tangan kanan dengan bantuan sebuah bunga.




Demikian info tentang minuman Racikan Yang memabukan, semoga menjadi wawasan untuk kita semua tentang jenis-jenis minuman ini, apapun alasannya minuman keras harus biasa kita hindari karena hanya sedikit manfaatnya bagi tubuh kita.

Powered by Blogger.